Beranda Cardiorespiratory Endurance Equipments Johnson Treadmill
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
123456789101112
Penilaian Kebugaran Fisik PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 31 January 2011 16:50
TUJUAN
1. Meng-identifikasi komponen kebugaran fisik yang berhubungan dengan kesehatan
2. Mampu menilai kebugaran kardiorespiratorik
3. Memahami perbedaan antara kekuatan otot (mucular strength) dan ketahanan otot (muscular endurance)
4. Belajar menilai kebugaran kekuatan otot
5. Mampu menilai kelenturan (flexibility) otot
6. Memahami komponen-komponen komposisi tubuh
7. Mampu menilai komposisi tubuh
8. Belajar menentukan berat badan yang direkomendasikan
9. Belajar menilai risiko penyakit berdasarkan pada indeks masa tubuh (body mass index) dan lingkar pinggang (waist circumference)

Komponen-komponen kebugaran fisik―ketahanan kardiorespiratorik yang berhubungan dengan kesehatan, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan otot, dan komposisi tubuh―adalah topik-topik yang akan dibahas, disertai dengan teknik-teknik dasar yang sering digunakan untuk menilai komponen tersebut.
Melalui teknik-teknik penilaian tersebut anda akan mampu menentukan tingkat kebugaran fisik anda secara teratur ketika anda mengikuti program latihan. Uji kebugaran dalam suatu program komprehensif penting untuk:
1. Mengajari anda sendiri tentang berbagai komponen kebugaran
2. Menilai tingkat kebugaran anda untuk setiap komponen kebugaran terkait kesehatan dan membandingkan hasil-hasilnya dengan standar kebugaran kesehatan dan kebugaran fisik
3. Mengidentifikasi area-area kelemahan untuk penekanan latihan
4. Memotivasi anda untuk ikut serta dalam latihan
5. Digunakan sebagai titik awal untuk resep latihan yang disesuaikan dengan pribadi anda
6. Mengevaluasi kemajuan dan ke-efektifan program anda
7. Menyesuaikan resep latihan anda, jika diperlukan
8. Memberikan penghargaan bagi anda sendiri atas kepatuhan program latihan anda (suatu perubahan ke tingkat kebugaran yang lebih tinggi merupakan penghargaan itu sendiri).
Anda diharapkan menjalani uji kebugaran sebelum dan sesudah program latihan. Profil kebugaran personal terdapat pada Activity 2.1, untuk merekam hasil masing-masing uji kebugaran pada bahasan ini (pre-test). Pada akhir program latihan, anda dapat menggunakan bagian belakang Activity 2.1,  untuk merekam hasil post-test anda.  Anda seharusnya mendasarkan tujuan-tujuan tersebut pada hasil sesungguhnya penilaian kebugaran awal anda. Ketika anda memulai program latihan, anda seharusnya mengikuti minimal delapan minggu sebelum melakukan penilaian kebugaran anda (post-fitness assessments).
Uji latihan atau ke-ikutsertaan latihan tidak diberikan pada individu dengan kondisi medis atau fisik tertentu. Oleh karena itu, sebelum memulai suatu program latihan atau ikut serta dalam uji latihan apapun, anda seharusnya melengkapi kuesioner Klirens Ke-ikut-sertaan Latihan (Clearance for Exercise Participation). Jawaban “Ya” untuk pertanyan apapun menunjukkan bahwa anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai, melanjutkan, atau meningkatkan tingkat aktivitas fisik anda.
 

Tulis Komentar

* Harus di-isi
* Harus di-isi



Masukkan karakter yang terlihat di samping kanan

Kode Keamanan
Refresh
 
(c) 2011 - Sekar Skin Center. All Rights Reserved. This website developed by Verry AS.